Perlunya Belajar Bisnis Dari Pengalaman Orang Sukses

Dalam dunia kerja ataupun berbisnis kita mengharapkan yang dikerjakan itu berjalan mudah, lancar dan mengetahui polanya. Jika kita hanya bermodalkan berani untuk melangkah tanpa melihat kerja orang lain yang telah sukses, rasanya akan sedikit sulit. Dan banyak kegagalan yang bisa didapat jika hanya mengandalkan peruntungan dengan analisis sendiri.

Akan lebih bagus bila kita terus belajar untuk berkembang untuk tujuan lebih tinggi lagi. Dan yang pastinya kita memang butuh waktu dan tenaga untuk hal tersebut. Akan tetapi ketika juga belajar dari seorang yang sukses, itu sangat perlu kita pelajari darinya, karena pasti dia sudah melewati banyak hal, termasuk berbagai kegagalan. 

Ishamuddin Zulfi

Banyak gagal inilah yang bisa kita pelajari untuk anak muda sekarang, agar tidak salah melangkah, mengetahui hal teknis yang seharusnya, ataupun formula keberhasilan apa yang dia pakai. Belajar dari kegagalan itu kunci menuju kesuksesan.

Dalam berbisnis pun tidak jauh beda halnya, apalagi bagi kita yang sedang merintis dari bawah. Bahkan dalam berbisnis fasenya lebih luas lagi oleh sebab itu mental sangat dibutuhkan dalam berbisnis. Jika mental sudah terbangun, bisnisnya akan mudah untuk berkembang. Dan perkembangan itu pun akan lebih cepat jika dia belajar dari orang lain. 

Di awal merintis pasti kita maunya ada mentor yang membimbing berbisnis. Akan tetapi kebanyakan dari seorang mentor tidak mau mengajarkan bisnis kepada seseorang yang belum pernah sama sekali berbisnis. Akan sangat susah dan memakan waktu bagi seorang mentor, yang pasti kalau belum terjun dan minta diajarkan tentu belum tentu kuat mentalnya. 

Belajar dari seorang mentor yang sudah sukses tajir melintir biasanya karena legasi yang terhubung antar teman seorang pebisnis. Dan seorang mentor mau mengajarkan bisnis biasanya ketika seseorang sudah di tahap ingin scale up lebih jauh, lebih tinggi dari sebelumnya.

Biasanya yang seperti ini lebih mudah diajarkan oleh mentor karena pondasinya sudah kuat dan pengalaman merintis sudah dilewati. Mentor bisnis pasti lebih siap mengajarkan dari cerita jalan suksesnya. Karena yang akan diajarkan sudah dilewati dari pengalaman kegagalan terdahulu, yang pernah dilakukan pun biasanya diajarkan agar kita terhindar dari jebakan tersebut. 

Karena pengalaman teknis dan pengalaman kegagalan ketika belajar dari orang sukses maka kita bisa lebih akurat dalam menghindarinya. Dan yang paling berharga memang kita bisa mendapatkan ilmu agar tidak melakukan kegagalan yang sama, yang pernah dilakukan seorang mentor atau pebisnis sukses. 

Penting diketahui juga dalam etika berbisnis, tidak semua orang yang kita kenal kemudian langsung diminta untuk mengajarkan kita bisnis. Cara yang menodong ini adalah salah dan keliru untuk dilakukan. Karena kesan pertama saja sudah tidak enak. Alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu atau bisa menjadi reseller orang tersebut atau punya hubungan yang hangat. 

Seperti yang diterangkan buku Morning Routine For Highly Successful People yang ditulis oleh Robert A. Williams menyebutkan, kesuksesan ditentukan oleh usaha, garis waktu, tujuan, dan bahkan emosi dan persepsi diri kita. Dari buku ini kita sudah di haruskan punya mental untuk sukses bersabar dengan proses untuk mencapai tujuan. 

Kesabaran dalam berbisnis juga teruji dari kesabaran untuk belajar dari mereka yang lebih berpengalaman. Bisnis butuh belajar dan belajar butuh sabar.

Orang-orang sukses pada zaman sekarang pun lebih mudah menyebarkan ilmu bisnisnya di media sosialnya yang bisa dijangkau banyak orang. Ini menjadi peluang belajar yang memudahkan, khususnya bagi pemula dalam bisnis.

Tanpa perlu kita mengenal dekat, cara ini bisa menjadi jalan bagi kita yang ingin berkembang. Jadi manfaatkanlah peluang ini!

Sesuaikan saja dengan yang ingin kita pelajari, ikuti terus sosial medianya yang sering update tentang bisnis. Cara ini jadi bahan belajar dan introspeksi diri bagi kita dari seorang yang berpengalaman. 

Akan tetapi kita juga mesti hati-hati dalam mencari ilmu. Pastikan dia adalah orang yang memang sukses dengan bisnisnya lalu membagikan pengalamannya. Jangan terjebak belajar kepada pihak yang belum teruji kredibilitasnya. (AYP)