Seberapa Besar Pengaruh Attitude Bagi Kesuksesan?

Rasya (nama samaran) seorang murid kutu buku dan pintar di sekolah. Karena memiliki banyak prestasi di sekolahnya, tidak jarang Rasya mendengar beberapa teman kelasnya yang mencibir karena iri melihat prestasinya. Alih-alih membalas cibiran mereka, Rasya tetap bersikap baik dan membantu mereka. Hal ini membuat Rasya menjadi panutan beberapa temannya karena memiliki attitude yang baik. 

Nuur Taufiqoh Fitriyah

Attitude merupakan salah satu faktor penting dalam kehidupan. Sebelum kita membahas bagaimana attitude berperan penting dalam kehidupan, kita perlu mengetahui terlebih dahulu makna dari attitude itu sendiri. 

Pada buku The Handbook of Attitudes karangan Dolores Albarracin, Blair T. Johnson dan Mark P. Zanna terdapat pendapat Eagly dan Chaiken (1993) yang menjelaskan bahwa attitude adalah kecenderungan psikologis yang diekspresikan dengan mengevaluasi entitas tertentu dalam beberapa tingkat suka atau tidak suka.

Dengan kata lain, attitude merupakan sikap atau tingkah laku yang diekspresikan saat seorang individu berbicara atau bertindak dengan individu yang lain. Lantas, bagaimana attitude dapat menjadi faktor penting dalam kehidupan? Berikut adalah beberapa keuntungan yang didapat jika kita memiliki attitude yang baik.

  • Meningkatkan hubungan dengan orang lain

Dalam buku The Successful Interview & Beyond yang pengarangnya Lois Pigford mengatakan bahwa, memiliki attitude yang baik berarti memiliki kemauan untuk bekerja keras, untuk menjadi ambisius, untuk menyenangkan orang lain, serta berusaha untuk bersikap sopan dan hormat ketika bersama dengan orang lain. 

Ini berarti kita memperlakukan semua orang dengan rasa hormat yang pantas. Attitude yang kita miliki dapat mempengaruhi semua tindakan yang kita lakukan. Jika kita memiliki attitude yang baik, maka kita akan mendapatkan hasil akhir yang baik juga. 

Sebagai contoh, saat kita menemukan seorang kerabat yang sedang mengalami kesulitan, lalu kita membantu mereka tanpa pamrih, mereka pun akan senang hati membantu kita saat kita mengalami kesulitan.

Memiliki attitude yang baik dapat mengubah pandangan hidup dan juga reaksi orang lain terhadap diri kita. Hal inilah kita dapat meningkatkan hubungan kita terhadap orang lain disekitar kita.

  • Mengurangi stres

Attitude yang buruk dapat memicu stres, hal ini biasanya dipengaruhi oleh pengalaman dan peristiwa yang terjadi di masa lalu. Penyebab lain dari attitude yang buruk juga terjadi karena kita mengalami ketakutan dan kemarahan. Namun yang perlu diketahui, orang yang memiliki attitude yang baik biasanya cenderung memiliki pikiran yang positif. 

Berdasarkan dari artikel Mayo Clinic, dikutip dari (https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/in-depth/positive-thinking/art-20043950 menyebutkan bahwa, berpikir positif dapat membantu dalam manajemen stres dan bahkan dapat meningkatkan kesehatan diri kita. Pemikiran positif biasanya disertai dengan optimisme yang merupakan bagian penting dari manajemen stres yang efektif.

Situasi yang buruk memang kerap terjadi oleh setiap orang. Akan tetapi, itu semua tergantung dari bagaimana kita bereaksi terhadap situasi buruk tersebut.

  • Faktor Kesuksesan seseorang

Dalam buku Fight Like A Tiger Win Like A Champion karangan Darmadi Darmawangsa dan Imam Munadhi menjelaskan bahwa attitude merupakan faktor terpenting dalam kesuksesan seseorang. Ini memang hanya sebuah permainan kecil berupa huruf-huruf abjad, tetapi dalam kehidupan ini, kenyataannya, keberuntungan, nasib, kepandaian, pengetahuan, dan kerja keras tidak sebanding dengan pentingnya attitude.

Pada dasarnya, ada tiga hal penting dalam mencari pekerjaan, yaitu skill (keterampilan), knowledge (pengetahuan), dan attitude (sikap). Namun, dari tiga hal tersebut, attitude merupakan hal pertama yang perlu kita perhatikan, karena itu berasal dari dalam diri kita. Sedangkan keterampilan dan pengetahuan dapat kita pelajari lebih dalam dengan banyak membaca dan pengalaman.

  • Menjadi inspirasi bagi orang lain

Seseorang dengan attitude yang baik biasanya memiliki kepribadian yang menyenangkan, karena mereka selalu berpikir positif dalam segala aspek. Karya bukanlah satu-satunya aspek untuk menjadi tokoh inspirasi bagi orang lain, dengan memiliki attitude yang baik, kita juga dapat menyebarkan banyak manfaat bagi orang sekitar dan menjadi inspirasi untuk orang lain.Demikian beberapa keuntungan yang kita dapatkan jika kita memiliki attitude yang baik. Ingatlah bahwa hanya diri kitalah yang dapat mengendalikan attitude kita. Semoga bermanfaat! (Aini)