5 Cara Mudah Menghafal Al-Qur’an

Setiap orang mempunyai caranya masing–masing dalam menghafal Al-Qur’an. Berbagai metode ditawarkan, ada yang menghafal dengan Metode Yadain, Attisir, Mutqin, Tikrar, dan lainnya. Banyaknya metode menunjukkan kemudahan Al-Qur’an untuk dihafal. 

Oleh:
Muhammad Rifky Panjaitan

Seperti pada buku yang berjudul 60 Godaan Penghafal Al-Qur’an dan Solusi Mengatasinya yang ditulis oleh Cece Abdulwaaly dijelaskan, bahwa meski demikian, untuk dapat hafal Al-Qur’an, tentu seseorang harus berusaha. Sebab, semudah apapun meraih sesuatu, jika tidak ada usaha, maka sampai kapan pun tidak akan bisa tercapai. 

Adanya jaminan kemudahan Al-Qur’an untuk dihafal ini pun sebenarnya juga harus disambut dengan usaha. Karena memang pada kenyataannya tidak ada yang seorang pun yang berhasil menghafal Al-Qur’an kecuali karena memang mereka benar-benar mau berusaha.

    Maka untuk memudahkan dalam menghafal Al-Qur’an seseorang perlu memperhatikan berbagai hal. 

Seperti pada buku yang berjudul Muslim Zaman Now 30 Hari Hafal Al-Qur’an Metode Attaisir yang ditulis oleh Ustad Adi Hidayat dijelaskan, rahasia kemudahan menghafal yang sebagian besar adalah pekerjaan emosional dan amalan hati seseorang seperti ikhlas, serius, sabar, yakin, menghadirkan motivasi, menjadikan prioritas, ditambah dengan memilih guru dan puncak rahasia kemudahan adalah istiqamah.

Selain itu perlunya didukung dengan kesehatan fisik yang memadai. Agar kita bisa lebih kuat menghafal dan fokus. Karena badan yang sakit akan memengaruhi konsentrasi kita dalam menghafal Al-Qur’an.

Banyak sekali seseorang dalam proses menghafal Al-Qur’an mendapatkan godaan-godaan. Apalagi seseorang yang baru saja memulai atau belum memulai sama sekali. Seperti saya terkendala menghafal itu susah dan menjemukan, bacaan Al-Qur’an saya belum fasih, atau saya tidak memiliki latar belakang pendidikan agama. 

Keluhan lainnya; belum saatnya saya untuk menghafal, saya tidak tahu dari mana mulai menghafal, saat ini saya banyak sekali kesibukan, saya sudah tua tidak mugkin lagi untuk menghafal.

Berbagai alasan juga banyak yang menghambat, di antaranya  saat ini waktunya kurang tepat untuk menghafal, tugas kuliah menumpuk, sampai menunda-nunda untuk memulai dan lainnya.

Apakah Anda merasakan hal yang serupa? Atau Andakah orangnya? Jika demikian, tepislah semua godaan itu. Dan katakan bahwa itu adalah pikiran-pikiran yang memperdayakan, bukan memberdayakan.

Maka mulai saat ini gantilah pikiran-pikiran itu dengan pikiran yang memberdayakan, dengan merasakan keyakinan rahasia kemudahan Al-Qur’an. Dan mari memasang pikiran positif, yang insyaallah kita pasti bisa, insyaallah akan dimampukan oleh Allah.

Karena Anda adalah apa yang Anda pikirkan. Jika Anda merasa gagal, maka Anda pun akan gagal. Tetapi jika berpikir sukses, insyaallah kita akan sukses, selagi ada ikhtiar tentu ada jalan keluar. Inilah yang dikatan oleh hadis qudsi, Rasulullah bersabda, Allah berfirman, “Aku bersama prasangka hamba-Ku.” (HR. Muslim) 

     Jika berbagai hal yang dijelaskan di atas telah kita resapi dan terapkan, insyaallah dengan metode apapun menghafal Al-Qur’an akan mudah. 

Meskipun begitu untuk yang menghafal Al-Qur’an, tidak usah khawatir dan bingung. Mari ikuti lima tips mudah menghafal Al-Qur’an sebagai berikut: 

Pertama, mulailah dengan surat yang Anda sukai dan diyakini mudah untuk dihafal, serta tanamkan rasa cinta terhadap ayat-ayat yang sedang dihafal. 

Kedua, bacalah (jangan dihafalkan dulu) ayat pertama sebanyak 40 kali. Bacalah ayat kedua sebanyak 40 kali. Gabungkan ayat pertama dengan ayat kedua, dan baca sebanyak 5 hingga 10 kali, begitu seterusnya.

Ketiga, jika menghafal satu halaman, bagilah menjadi 3 kelompok, dan mulailah dengan bagian kelompok 1, 2, dan 3 lalu ulang-ulangi terus hingga hafalan itu familiar di otak. Dan gabungkan ketiga bagian itu dan ulangi sampai Anda benar-benar hafal.

Keempat, jika Anda sudah mahir membaca Al-Qur’an tanpa terbata-bata, maka hafalkan dan ulang-ulangi ayat dengan tempo cepat tanpa mengurangi tajwidnya. 

Kelima, ketika sudah hafal dengan seluruh ayat, bantu dan kuatkan hafalan dengan terjemahan. Karena hafalan yang dibantu dengan terjemahan akan melekat 80% dari hafalan yang tidak menggunakan terjemahan Al-Qur’an. 

Selamat mencoba! (FUH)

Satu tanggapan untuk “5 Cara Mudah Menghafal Al-Qur’an

  • 27 Juli 2021 pada 3:48 pm
    Permalink

    Thanks for these information

Komentar ditutup.