Jangan Duduk Terlalu Lama, Karena Hal yang Tak Diinginkan Bisa Terjadi!

Duduk merupakan sebuah rutinitas yang sering dilakukan oleh hampir seluruh manusia di dunia. Jika kita sedang letih, pasti hal utama yang diingat adalah mencari tempat nyaman untuk duduk. 

Penulis:
Bella Elita

Memang duduk sejenak bisa menjadi istirahat yang baik tatkala lelah. Tetapi, duduk berkepanjangan dalam waktu berjam-jam tanpa menyela dengan gerak, dapat menimbulkan gangguan kesehatan lho!

Ketika belajar dan mengerjakan tugas biasanya kita duduk bukan? Ya, tentu saja bahkan sampai berjam-jam barulah bisa lepas dari kursi tersebut. 

Apalagi kini di zaman mutakhir telah berkembang pekerjaan yang hanya mengandalkan laptop, handphone atau teknologi canggih lainnya. Akan tetapi malah mengharuskan kita duduk di depan layar dalam tempo lama.  

Ruang gerak manusia semakin terbatas karena tuntutan pekerjaan. Mau tidak mau, suka tidak suka, kita pun mesti menjalaninya. Ya, mau bagaimana lagi kan?

Namun tahukah kita jika sebenarnya duduk terlalu lama bisa menyebabkan timbulnya hal-hal tak diinginkan? Tahukah kita duduk lama dapat membahayakan kesehatan? 

Pada buku berjudul Say Goodbye Heart Disease karya Rakhmat Ari menyebutkan, bahwa duduk dalam jangka lama memicu keluhan nyeri otot, nyeri pinggang dan mudah lelah. Lalu tanpa disadari lemak tubuh jadi semakin menumpuk dan berat badan perlahan bertambah. Penyakit stroke, serangan jantung, diabetes dan kanker juga tiba-tiba bisa menyerang dan menggerogoti tubuh, seperti parasit.

Dampak duduk dengan durasi cukup lama betul-betul meresahkan bagi kebugaran tubuh. Selain membuat otot dan sendi pegal-pegal, duduk terlalu lama juga menghambat metabolisme tubuh. Sehingga energi dalam tubuh tidak berfungsi dengan baik dan meningkatkan risiko terjadinya berbagai macam penyakit kronis. 

Adapun masalah paling lazim terjadi kalau terlalu banyak duduk adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Orang yang sering duduk cenderung lebih sering makan sehingga berat badan naik begitu cepat. 

Selain berisiko terkena obesitas, berat badan berlebih juga salah satu pemicu terkena kanker payudara bagi wanita. Kaum hawa ekstrawaspada nih! 

Obesitas ini merupakan akar utama dari beragam penyakit serius lainnya. Diabetes dan stroke timbul sebab kadar gula dan tekanan darah meningkat. 

Sedangkan serangan jantung terbentuk karena peredaran darah tidak berjalan lancar. Sehingga hal itu menyumbat aliran darah ke jantung, yang mana bisa mengakibatkan serangan jantung mendadak. 

Duduk terlalu lama membuat sel-sel tubuh yang tidak sehat berkembang lebih cepat. 

Oleh karena itu sebisa mungkin kita harus mengurangi waktu duduk dan menyelinginya dengan melakuan aktivitas fisik untuk menjadi lebih sehat. 

Buatlah strategi agar kita tidak duduk terlalu lama. Karena tanpa adanya rencana tersusun, tentu kita akan mudah lupa dan justru terus mengulang perbuatan yang mengguncang kesehatan itu.

Pada buku berjudul Author Handbook karya Christopher Lee menjelaskan, bahwa cara mengatasi agar kamu tidak duduk terlalu lama adalah melakukan olahraga ringan di selang setiap jam, seperti berdiri, mengambil beberapa langkah bolak-balik di tempat dan meregangkan jari-jari beserta otot leher dengan menggerakkannya ke kanan atau ke kiri.

Ayo tegaslah pada dirimu sendiri! Tubuh yang sehat merupakan pondasi paling penting dalam melakukan aktivitas. Jangan hanya karena saat ini segala kegiatan dapat dijalankan dengan fleksibel dan akhirnya menjadikanmu kurang gerak dan lebih banyak duduk. 

Coba lakukanlah tindakan simple namun memacu kamu untuk aktif bergerak, seperti jalan atau senam di tempat. Jauh lebih ringan bukan?

Ingat jika sudah duduk 15-30 menit, kamu boleh lakukan jeda dengan gerakan tersebut ya. Tidak perlu berlama-lama, kamu cukup bergerak selama 1-5 menit di sela-sela dudukmu. 

Dengan melakukan beberapa gerakan di atas kita bisa mencegah datangnya bahaya dari duduk terlalu lama. Sehingga kamu akan tetap fit walau harus menjalani kesibukan dengan banyak duduk. (Aini)